NEWS
HD: Momentum Bagi Bumdes Untuk Kelola Potensi Desa

Palembang, sumselprov.go.id -  Gubernur Sumsel H. Herman Deru   menyampaikan bahwa masa pendemi COVID-19 merupakan momentum yang baik bagi BUMDes untuk menata kembali orientasinya. Bukan hanya sebagai unit bisnis yang hanya mengejar keuntungan ekonomi semata, tetapi juga menjalankan fungsi sosial dengan lebih berperan dalam membangun jaring pengaman sosial bagi masyarakat.

Hal tersebut diutarakan Gubernur Herman Deru (HD) sebagai Pembicara pada acara seminar desa virtual via zoom dengan tema "Strategi Bisnis Bundes dalam meningkatkan pendapatan asli desa di era persaingan global" diselenggarakan oleh Harian Sumatera Ekspres, di Commnad Center Kantor Gubernur Sumsel, Rabu (26/8/2020)

"Ada semacam kewajiban maupun kehadiran bagi saya sebagai gubernur dalam acara ini tentang adanya kepedulian khususnya menyangkut desa" ujarnya

Jelasnya, kalau bicara BUMdes, pertama sekali kita memberikan kuasa penuh untuk mengelola desanya, karena dialah yang tahu potensi apa yang ada didesanya  dan untuk berinovasi.  Tahun 2021 kita akan rekrut 1000  Sarjana PPL untuk dapat berinovasi agar dapat mengembangkan pertanian dan mengetahui apayang harus ditanam di daerah tersebut

Ada tiga komponen yg tidak dipisahkan dalam berusaha  yaitu Modal, keahlian, market. Kita harapkan setiap kabupaten dan kota harus memiliki BUMdes

Selain itu, masa ini juga menjadi momentum penting untuk berbenah diri agar mampu menghadapi semakin kompleksnya persoalan yang dihadapi BUMDes akibat pendemi COVID-19

Turut hadir GM Sumatera Ekspres Hj NURSERY, Para Kepala OPD Prov Sumsel

Tim Media Dinas Kominfo Prov. Sumsel

Sobat Wong Kito !! Gubernur Sumsel H Herman Deru mengajak kita semua untuk selalu pakai masker untuk cegah tangkal covid-19

Sobat Wong Kito !! Gubernur Sumsel H Herman Deru mengajak kita semua untuk selalu pakai masker untuk cegah tangkal covid-19


Tahukah kamu bahwa pemakaian masker bisa memblokir hembusan partikel udara dari individu yang kemungkinan terinfeksi Covid-19 namun tidak memiliki gejala. Dengan memblokir hembusan partikel virus ke udara di sekitar, masker menjaga agar virus tidak menyebar.


Selain itu, masker juga berfungsi sebagai penghalang fisik yang sangat membantu ketika kita batuk atau bersin. Tindakan itu dapat menghalangi droplet atau tetesan air liur yang keluar sehingga tidak menyebarkan virus.


Ketika kita melakukan aktivitas di luar rumah, pemakaian masker berperan penting dalam memblokir penyebaran virus, terutama dari orang yang tidak menunjukan gejala. Semakin banyak orang yang memakai masker, semakin sedikit partikel virus yang tersebar sehingga mengurangi risiko penularan penyakit.


Tapi jangan lupa ya, Kita harus menjaga jarak dengan orang lain dan selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir agar risiko penyebaran virus semakin kecil.


Cc : @hermanderu67 @mawardiyahya1958

@hnasrunumar @ach_rizwan @perchahd


#gubernursumsel

#wakilgubernursumsel

#SumselMajuUntukSemua

#Diskominfoprovsumsel

#hermanderu

#mawardiyahya

MY Apresiasi Eksistensi KBPP Polri Di Sumsel

Palembang, sumselprov.go.id-Wakil Gubernur Sumsel H. Mawardi Yahya mengapresiasi Eksistensi Keluarga Besar Putra Putri Polri (KBPP POLRI) di Provinsi Sumsel dalam membantu tugas kepolisian khususnya di bidang keamanan dan ketertiban masyarakat khususnya yang ada di Sumsel.


Hal tersebut diungkapkannya saat menghadiri acara Pembukaan Musyawarah Daerah IV Keluarga Besar Putra Putri (KBPP) Polri Sumatera Selatan di Hotel Swarna Dwipa Palembang, Minggu (23/8/2020).


“Melalui Musda ke-IV ini, saya berharap para pengurus maupun pemimpin yang tergabung dalam KBPP Polri dapat memegang teguh amanah dan tanggung jawab serta memahami bahwa pribadi pemimpin adalah pribadi yang melayani bukan yang dilayani,” ungkapnya.


Menurut Mawardi, KBPP Polri merupakan wadah berhimpunnya keluarga besar Putra Putri POLRI di bawah pembinaan langsung Kapolri dan Ketua Umum Persatuaan Purnawirawan POLRI, dimana sebagai wadah untuk mempersiapkan kader-kader pimpinan nasional yang mendayagunakan segenap potensi yang dimilikinya bagi kepentingan bangsa dan NKRI.


“KBPP POLRI juga berperan untuk menghimpun putra-putri Purnawirawan dan putra-putri POLRI untuk menjadi manusia yang berkepribadian Pancasila serta berwatak luhur. Sehingga sangat berperan dalam mendukung upaya Kepolisian terhadap pelaksanaan tugasnya,” tuturnya.


Oleh karena itu, MY berharap hendaknya Musda ke-IV ini menjadi momentum atau ajang kreativitas bagi para putra-putri POLRI sehingga dapat melahirkan ide dan gagasan bermanfaat yang dapat di implementasikan dalam kehidupan masyarakat dengan menjunjung nilai-nilai kehidupan berbangsa dan bernegara.


Tim Media Dinas Kominfo Provinsi Sumsel.

HD : Jadikan Momen Tahun Baru Islam 1442 H Membentuk Pribadi Yang Lebih Baik

OKU Timur, sumselprov.go.id-Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru didampingi Anggota DPR RI Hj. Percha Leanpuri beserta Bupati OKU Timur H. Cholid Mawardi menghadiri Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharaam 1442 H bersama masyarakat Desa Tumi Jaya Kec. Jayapura Kab. OKU Timur, Minggu (23/8/2020).


Dalam sambutannya HD menyampaikan jika dirinya 4 tahun yang lalu ke Desa Tumi Jaya pada acara Peletakan batu pertama, Alhamdulilah kini ia bisa kembali datang lagi ke Desa ini.

"Sebenarnya saya sangat rindu sekali dengan Bapak/ Ibu sekalian, ingin sekali rasanya berjabat tangan dan bercengkrama lebih dekat, tapi kita harus menerapkan protokol kesehatan" ujar HD.


HD berharap melalui peringatan Tahun Baru Islam ini, masyarakat Kab . OKU Timur, khususnya warga Desa Tumi Jaya Kec. Jayapura

agar selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT dan menjadikan moment ini untuk menjadi pribadi yang lebih baik.


"1 Muharram 1442 H kali ini diperingati di tengah pandemi Covid - 19, untuk itulah saya sampaikan agar untuk terus menerapkan Protokol Kesehatan, jangan lupa untuk selalu menggunakan masker dan melakukan pola hidup yang sehat, serta mengkonsumsi makan yang bergizi yang tidak harus mahal agar imun ditubuh kita dapat selalu terjaga" Tutup HD


Pada kesempatan tersebut, HD juga menyampaikan kepada PLN setempat untuk membantu penerangan jalan Desa Tumi Jaya Kec. Jayapura Kab. OKU Timur.


Selain pengajian, acara Peringatan Tahun Baru Islam 1442 H di isi dengan Tausiyah.


Turut Hadir Ketua TP PKK Kab. OKU Timur Hikmatul Mustika Kholid Mawardi, FKPD Kab. OKU Timur, Para Kepala OPD dan TGUPP Pemprov Sumsel.


Tim Media Dinas Kominfo Provinsi Sumsel.

Pemprov Sumsel Dukung Diplomasi Ekonomi Indonesia

Palembang, sumselprov.go.id-Gubernur Sumsel H Herman Deru diwakili Asisten II Bidang Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Yohanes H Toruan mengikuti Seminar "Diplomasi Ekonomi Indonesia dan Pandemi Global Covid-19" diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Informasi Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri RI secara virtual di Sumsel Command Center, Kamis (16/07/2020).


Dalam kesempatan itu, Wamen Luar Negeri Mahendra Siregar memberikan pemaparan tentang Diplomasi ekonomi Indonesia dan pandemi covid-19 dalam rangka menghidupkan kembali perekonomian di Indonesia.


"Yang menjadi tiang penting bagi pemulihan dan menjaga stabilitas ekonomi termasuk hal tersebut dengan cara melanjutkan langkah-langkah meningkatkan investasi dan ekspor, serta pada waktunya nanti meningkatkan kunjungan wisatawan," katanya.


Oleh sebab itu, Ditengah kondisi pandemi saat ini, banyak perubahan perekonomian yang terjadi, sehingga penyelenggaraan kegiatan ini dapat menjadi wadah untuk bisa saling bertukar pikiran dengan para kepala daerah di Indonesia.


"Perubahan ini perlu disikapi disikapi dengan satu pemikiran karena pada gilirannya nanti, keutuhan kita semua bisa mendorong pemulihan stabilitas ekonomi di tengah pandemi dengan baik," katanya.


Ia mengatakan bahwa ekonomi global dapat menyusut hingga -4,9 % di tahun 2020, namun diharapkan akan positif dan akan tumbuh 5,4% ditahun 2021. Pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini diharapkan akan positif dan akan tumbuh 6,1% tahun 2020. Pemulihan ekonomi Indonesia diharapkan lebih cepat dibandingkan Uni Eropa dan Amerika Serika.


"Indonesia yang berpotensi lebih baik perkembangannya, tekstil, dan produk tekstil, kimia, farmasi, dan alat kesehatan, makanan, minuman, elektronik, jasa telekomunikasi dan logistik," katanya.


Industri yang dapat menghadapi tantangan otomotif, keuangan, keuangan, pertambangan, transportasi darat, laut, udara, konstruksi dan pariwisata. Kondisi yang harus dicegah yaitu PHK dalam jumlah besar akibat penutupan berbagai industri.


"Peran pemda dalam mencegah terjadinya PHK sangat besar karena kalau itu terjadi akan berdampak pada penurunan industri dan juga penutupan pada industri dalam jumlah besar dan pemulihan ekonomi juga akan sulit dilakukan," ujarnya


Oleh karena itu, Ia minta agar ada tindak lanjut dalam pertemuan-pertemuan lanjutan agar upaya-upaya yang ada dapat dioptimalkan.


Turut hadir Kadis Kominfo, H Achmad Rizwan, SSTP, MM.


Tim Media Dinas Kominfo Provinsi Sumsel.

HD Sampaikan Penjelasan Raperda Pertanggungjawaban APBD TA 2019

Palembang, sumselprov.go.id- Gubernur Sumsel H Herman Deru resmi menyampaikan penjelasan terhadap Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Provinsi Sumsel tahun anggaran 2019 pada Rapat Paripurna XIV DPRD Provinsi Sumsel di Ruang Rapat Paripurna DPRD Sumsel, Senin (6/7/2020).


HD mengatakan, salah satu kewajiban kepala daerah terkait pengelolaan keuangan daerah adalah menyampaikan Raperda pertanggungjawaban APBD paling lambat 6 bulan setelah tahun anggaran berakhir dan telah diaudit oleh BPK RI.


"Hasil audit BPK terhadap laporan keuangan tahun anggaran 2019, Pemprov Sumsel telah meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan RI dan telah diserahkan pada rapat Paripurna Istimewah I DPRD Provinsi Sumsel, Senin 29 Juni 2020 lalu," ungkapnya


HD menjelaskan, laporan keuangan Pemprov Sumsel tahun anggaran 2019 menggambarkan bahwa nilai aset mengalami peningkatan sebesar 12,90% dari sebelumnya per 31 Desember 2018 sebesar Rp. 22,925 Triliun menjadi Rp. 25,872 Triliun.


Kemudian, terkait kewajiban/utang Pemprov Sumsel dengan nilai sebesar Rp. 305,072 Miliar. Terhadap realisasi APBD Sumsel dijelaskan bahwa pemdapatan sebesar Rp. 9.280 Triliun atau 94,22% dari target Rp. 9,849 Triliun.


Dari sisi belanja realisasi tahun 2019 sebesar Rp.9,618 Triliun atau 91,31% dari direncanakan sebesar Rp. 10, 533 Triliun. Sedangkan pembiayaan diperuntukan untuk penyertaan modal/investasi daerah tidak terealisasi dari rencana sebesar Rp. 3 Miliar. Kontribusi pendapatan, belanja dan pembiayaan tahun 2019 menunjukan adanya sisa lebih perhitungan anggaran (SiLPA) sebesar Rp. 349,152 Miliar.


Menurut HD, Pemprov Sumsel telah berupaya semaksimal mungkin meningkatkan pembangunan sesuai skala prioritas yang ditetapkan tahun 2019.


"Optimalisasi sumber-sumber pendapatan dan efisiensi belanja selalu menjadi perhatian sehingga APBD dapat digunakan seefektif dan seefisien mungkin dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tegasnya.


Rapat paripurna yang dapat disaksilan juga melalui video converence melalui aplikasi Zoom itu dipimpin langsung Ketua DPRD Sumsel Hj. R.A. Anita Noeringhati dan dihadiri juga oleh Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya.


Turut hadir juga Sekda Provinsi Sumsel H. Nasrun Umar, para Asisten, Staf Khusus dan Staf Ahli Gubernur Sumsel, serta para kepala OPD dilingkungan Pemprov. Sumsel.


Tim Media Dinas Kominfo Provinsi Sumsel.

Ketua umum PSSI : Jakabaring pantas menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menegaskan bahwa Stadion Jakabaring, atau yang disebut pula Stadion Gelora Sriwijaya, di Palembang pantas menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021.

.

Pertimbangan pemilihan Jakabaring adalah, pertama, stadion itu sudah beberapa kali menjadi tempat penyelenggaraan kejuaraan internasional, ujar Iriawan di Gedung Kemenpora, Jakarta, Jumat.

.

Selain itu, dia melanjutkan, Jakabaring juga sudah memiliki fasilitas yang lengkap termasuk akomodasi dan transportasi. Dan, tidak kalah penting, adanya dukungan penuh dari pemerintah daerah.

.

Keseriusan pemerintah daerah di sana luar biasa, tutur Iriawan.

.

Stadion Jakabaring yang berkapasitas lebih dari 40 ribu orang pernah menyelenggarakan berbagai turnamen olahraga baik multicabang maupun tunggal.

.

Di atas rumput stadion yang mulai dibuka pada tahun 2004 tersebut pernah berlangsung pertandingan SEA Games 2011, Islamic Solidarity Games 2013 dan Asian Games 2018.

.

Jakabaring menjadi salah satu dari enam stadion yang direkomendasikan PSSI sebagai tempat pelaksanaan Piala Dunia U-20 tahun 2021 selain Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar).

.

Keenam stadion tersebut sudah mendapatkan persetujuan dari pemerintah saat rapat kabinet terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo pada Rabu, 1 Juli 2020.

.

Namun, FIFA masih akan meninjau stadion-stadion tersebut saat perwakilannya datang pada September 2020.

.

Nantinya, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang akan melakukan perbaikan dan pembangunan di semua stadion Piala Dunia U-20 2021. Salah satu aspek yang mendapatkan perhatian khusus adalah keberadaan lapangan latihan.

.

Sumber :

https://www.antaranews.com/berita/1589458/ketua-umum-pssi-jakabaring-pantas-menjadi-tuan-rumah-piala-dunia-u-20

.

Cc : @hermanderu67 @mawardiyahya1958

@hnasrunumar @ach_rizwan @perchahd @officialpssi @asprovpssisumsel

.

#gubernursumsel

#wakilgubernursumsel

#SumselMajuUntukSemua 

#Diskominfoprovsumsel

#hermanderu

#mawardiyahya

HD Dukung Banyuasin Bangkit, Adil Dan Sejahtera

Palembang, sumselprov.go.id- Gubernur Sumsel H Herman Deru menyampaikan arahannya kepada Pemerintah Kabupaten Banyuasin agar melibatkan masyarakat langsung dalam pelaksanaan 7 program unggulan Banyuasin untuk mewujudkan Banyuasin bangkit, adil dan sejahtera.


Selain itu, HD juga mengharapkan Pemkab Banyuasin dapat menonjolkan prestasi melalui publikasi untuk memicu semangat masyarakat mendukung pembangunan yang diselenggarakan Pemkab Banyausin.


"Coba lebih didengungkan lagi kepada masyarakat terhadap prestasi yang diraih Pemerintah Kabupaten Banyuasin. Prestasi dan publikasi ini bukan untuk menyombongkan diri tetapi untuk membangkitkan semangat masyarakat," ujarnya.


Beberapa poin penting tersebut disampikan HD saat mengikuti peringatan hari jadi Kabupaten Banyuasin ke-18 tahun 2020 secara virtual melalui apliaksi Zoom dari Griya Agung Palembang, Jum'at (3/7/2020).


Dikesempatan itu, HD juga menyampaikan apresiasi keberhasilan capaian pembangunan Kabupaten Banyuasin berkat perjuangan Bupati Banyuasin dan jajaranya.


Menurut HD, berjuang memang tidak perlu nampak namun hasilnya yang akan terlihat. Seperti berjuang untuk perbaikan jalan di Kabupaten Banyuasin yang dilakukan Bupati Askolani Jasi yang membuahkan hasil terbukti saat ini pembangunan dan perbaikan jalan diberbagai titik sedang berlangsung di Banyuasin.


"Dalam menjalankan pemerintahan terdapat peraturan yang harus diikuti dan ada juga kepatutan. Kita harus tetap maju membangun dengan modal utama adalah kekompakan karena sinergitas pemprov dengan pemkab akan sangat penting mempengaruhi dalam memajukan suatu daerah," tegas HD.


"Secara fisik saya mengutus staf ahli dan staf khusus Gubernur untuk hadir langsung pada peringatan HUT Kabupaten Banyuasin ini. Selamat ulang tahun ke-18 kepada Kabupaten Banyuasin, usia ini merupakan usia remaja yang memiliki semangat kuat terus mengukir prastasi," ditambahkan HD.


Bupati Banyuasin Askolani Jasi dalam kata sambutannya mengatakan, Pemkab Banyuasin saat ini fokus mewujudkan banyuasin bangkit yang adil dan sejahtera melalui 7 program unggulan dan tidak terlepas dari dukungan Pemerintah Provinsi Sumsel dan Pemerintah Pusat.


Sebelumnya, hampir semua jalan poros di Kabupaten Banyusin mengalami permasalahan. Namun, berkat tekad bersama hingga pemkab berhasil mendapatkan pinjaman sebesar Rp. 200 Miliar lebih untuk pembangunan dan perbaikan jalan.